Media Informasi Islam Terkini

# Hukum Sholat Sunnah Berjama'ah


"Pahala sholat berjama'ah lebih utama dari pada sholat sendirian selisih 27 derajat". Memang betul demikian, Tapi, itu berlaku bagi sholat lima waktu saja, untuk sholat Sunnah ada yang sunnahkan di lakukan berjama'ah ada pula sholat sunnah yang tidak di sunnahkan di kerjakan berjamaa'ah bahkan hukumnya haram.
Ada dua kategori sholat sunnah yang di sunnahkan dan pula sholat sunnah yang tidak di sunnahkan sholat berjamaa'ah
# Shalat Sunnah yang di sunnahkn berjama'ah seperti Sholat hari raya, tarawih
# Shalat sunnah yang tidak di sunnahkan berjama'ah sepertti Shalat dluha, witir, tasbih. 
# Hukum Sholat Sunnah Berjama'ah

Namun, semua itu kalau di lakukan juga tidak apa-apa, asalkn bertujuan untuk mendorong orang-orang agar melakukan shalat  sunnah, kalau tujuannya untuk mendorong orang, maka mendapatan pahala karena berniatan baik, kasus seperti ini juga seperti halnya melakukan hal-hal yang mubah tapi mendapatkan pahala seperti contoh makan bertujuan untuk menguatkan badan ketika beribadah. hukum seperti ini asalkan tidak berdampak pada yang lain  misalnya menyakiti orang lain, atau berkeyakinan bahwa sholat sunnah di syariatkan utnuk berjamaah, kalau sampai mengarah seperti itu maka tidak dapat pahala, bahkan hukumnya haram dan harus di cegah (Bughyah juz 1 hal 137)
Hadist Tentang Sholat Sunnah

Ibnu Abbas pernah menginap bersama Nabi Muhammad di rumah Sayyidah Maimunah (Istri Nabi Muhammad), ketika tengah malam Nabi Muhammad bangun lalu berwudlu' dan menunaikan sholat, Ibu Abbas juga turut melakukan hal itu, kemudian sholat di sebelah belakang Nabi Muhammad sebanyak 13 rakaat.

Imam Ibnu Hajar dalam kitabnya (fath al-bari juz 3 ha 421) menyebutkan bahwa hadist di atas merupakn dalil di syariatkan sholat berjamaah untuk shalat sunnah).

Sedangkan Imam Muslim secara tegas dalam kitabnya menulis Fasl mengenai di perbolehkannya sholat sunnah berjamaah. bahkan imam muslim menulis beberapa hadist di dalam kitabnya di antaranya yang di riwayatkan oleh Anas  malik:

"Rasulullah datang kepada keluarga kami, lalu Nabi bersabda kepada keluarga kami, bangunlah, saya mau sholat bersama kalian, Anas Bin Malik Berkata, saat itu bukan waktunya sholat wajib.
Untuk hukum haramnya sholat sunnah yang di kerjakan berjamaah, kalau ada anggapan bahwa sholat sunnah witir, dluha, tasbih harus di lakukan berjamaah. (Bughyah al-mustarsidin).

Semoga Artikel ini bermanfaat di dunia dan akhirat, serta memberi tambahan keilmuan bagi para membaca yang di mulyakan oleh Tuhan yang Maha Esa, Aminnn.. 

Tag : Islam
0 Komentar untuk "# Hukum Sholat Sunnah Berjama'ah"

Back To Top