Media Informasi Islam Terkini

# Hukum Mengikuti Bimbingan Manasik Haji

# Hukum Mengikuti Bimbingan Manasik Haji


Nah, artikel kali ini tidak kalah penting dengan pembahasan artikel-artikel sebelumnya, pembahasan artikel kali ini seputar tentang haji, karna musim haji akan segera tiba agar ketika melakukan ibadah haji, hati kita lebih mantap dan memiliki  pengetahuan seputar amaliyah-amaliyah ibadah haji.

# Semisal ada salah satu jama’ah haji telah yakin benar-benar akan menunaikan ibadah haji, apakah ia tetap berkewajiban mengikuti bimbingan manasik haji yang telah di adakan di daerahnya masing-masing yang telah di sebar di seluruh Indonesia.

# Di wajibkan mengikuti bimbingan manasik haji, jika belum mengetahui kewajiban-kewajiban seputar ibadah haji seperti  Syarat, Rukun dan keabsahan ibadah haji. Kalau sudah mengetahui seputar kewajiban-kewajiban ibadah haji maka tidak di wajibkan mengikuti bimbingan, namun boleh semisal mengikuti.

# Landasan Hukum Fiqih

Apabila seseorang sudah berkeyakinan untuk melakukan ibadah haji, maka wajib baginya untuk belajar tentang syarat, rukun dan mengetahui sesuatu yang harus di kerjakan ketika melakukan ibadah haji dan sesuatu yang harus di tinggalkan, sebab sepengetahuan penulis banyak orang awam yang menunaikan ibadah haji, akan tetapi dia tidak mengetahui perkara-perkara dari haji sendiri, dan juga dia tidak melakukan sesuatu yang harus di lakukan ketika ibadah haji. Dan juga banyak sekali mereka melaksanakan wukuf di luar tanah arafah, sebagian yang lain membawa keluarganya berhaji  tanpa memberikan bekal yang cukup dalam mengetahui perkara-perkara seputar ibadah haji, maka bagi yang mengetahui kesalahan jama’ah  lain dalam melakukan ibadah haji harus di ingatkan dan di bombing.

Alhamdulillah untuk negara Indonesia pemerintahan sudah membentuk badan yang khusus membimbing jamaah haji yang belum mengerti tatacara ibadah haji yang benar.

Nah, demikian informasi tentang hukum mengikuti bimbingan jamah haji, semoga tulisan ini bisa menambah sumber bacaan anda, dan tentunya bisa lebih bermanfaat.


Tag : Islam
0 Komentar untuk "# Hukum Mengikuti Bimbingan Manasik Haji "

Back To Top