Media Informasi Islam Terkini

# Hukum Menentukan Waktu Nikah, Bepergian, Berocok Tanam



Semua manusia pastinya memiliki aktifitas masing-masing, Namun, banyak di antara kita yang masih menggunakkan mitos adat, Seumpama kita mau bepergian harus menentukan tanggal, hari, kalau seumpama kita bepergian pada waktu hari atau tanggal yang tidak di perbolehkan. Maka akan mendapatkan musibah.

# Hukum Menentukan Waktu Nikah, Bepergian, Berocok Tanam

#Untuk itu bagaimana menurut kacamata syariat mengenai hal-hal yang demikian?

Kalau kita berkeyakinan bahwa yang mengakibatkan atau yang memberi keberuntungan adalah hari atau tanggal maka tidak di perbolehkan, kalau kita berkeyakinan bahwa pernikahan, berocok tanam di lakukan pada hari atau tanggal yang telah di tentukan, bahwa yang memberri rizki yang mengakibatkan musibah adalah Allah Swt, maka boleh.

#Landasan hukum Fiqih

Kalau ada orang bertanya, Apakah hari ini cocok untuk melangsungkan pernikahan atau yang lainnya? maka tidak perlu di jawab, Sebab agama islam melarang berkenyakinan bahwa hari dan tanggal yang di tentukan bisa berakibat. maka tidak perlu di jadikan pegangan bagi yang berkeyakinan seperti itu.

Ibn Farkah mengutip pendapatnya Imam Syafi'I Ra. bahwa jika peramal mengatakan dan menyakini bahwa tidak ada yang memberi kuasa kecuali Allah. tetapi Alllah menakdirkan suatu kebiasaan bahwa sesuatu akan terjadi pada hari-hari tertentu, sedangkan yang menentukan itu semua adalah Allah, Mka tidak apa-apa. 

sementra larangan yang ada adalah ketika  seorang brkeyakinan  datangnya kekuatan dari bintang atau yang lain, maka imam Az-Zamlakani memberi fatwa haram secara mutlak. 
Untuk itu bagi kita jangan sampai berkeyakinan bahwa yang memberi kekuatan adalah hari, tanggal, bulan atau pun bintang karna hal itu bisa mengakibatkan syirik, tapi kalau kita berkenyakinan bahwa yang mengakibatkan coba'an dan dapatnya rizki semata-mata karna Allah semata mka di perbolehkan.

semoga kita tidak termasuk orang-orang yang berkeyakinan seperti itu dan terhindar dari perbuatan orang-orang jahiliyah. aminnn..  

Tag : Islam
0 Komentar untuk "# Hukum Menentukan Waktu Nikah, Bepergian, Berocok Tanam"

Back To Top