Media Informasi Islam Terkini

# HUKUM BERHUBUNGAN BADAN DENGAN ISTRI MENGGUNAKAN KONDOM SAAT HAID

# HUKUM BERHUBUNGAN BADAN DENGAN ISTRI MENGGUNAKAN KONDOM SAAT  HAID

Si fulan merupakan salah satu pemuda desa yang melangsungkan akan pernikahan dengan pujaan hatinya sebut saja mawar, karena masih berbau pengantin si Fulan sudah tak sabar ingin melampiaskan rasa rindunya dengan sang pujaan hati di malam pertama ini. Namun sang pujaan hati sedang dalam keadaan haid, namun si fulan mencari jalan alternative untuk menggauli istrinya menggunakan kondom, 
Bagaimana pandangan  syari’at menyikapi kasus si fulan menggunakan kondom saat sang istri sedang haid?
# hukumnya tetap di haramkan, kecuali si fulan jika tidak melakukan hubungan badan akan mengalami perzinahan dengan wanita lain maka boleh, tapi ini alternative yang paling akhir.

#Landasan Hukum fiqih

Ada 13 perkara yang haram di sebabkan hadast besar, Namun di sini akan kami uraikan urutan yang ke Sembilan saja,  sebab urutan yang kesembilan ini yang berkaitan dengan judul artikel di atas.

Urutan kesembilan yakni Wathi’(bersetubuh) menggunakan penghalang apapun semisal kondom kalau istri dalam keadaan haid atau darah haid sudah berhenti, namun belum melakukan mandi besar, maka baginya mendapatkan dosa besar jika melakukannya dengan sengaja dan mengetahui keharamannya, serta tanpa paksaan dari orang lain (kehendaknya sendiri).

Seseorang yang memperbolehkan wathi menggunakan kondom saat istri sedang haid maka di hukumi kufur, jika wathinya itu di lakukakn sebelum darah haid berhenti dan sebelum lewat masa sepuluh hari. Kalau setelah lewat dari sepuluh hari maka tidak di hukumi kufur, karena masih ada perbedaan pendapat di kalangan ulama’.  

Hukum keharaman wathi menggunakan kondom saat istri sedang haid, apabila ia tidak menghawatirkan akan terjerumus kelembah perzinahan. Kalau kawatir terjadinya perzinahan jika tidak menggauli istri yang sedang haid, dan itu menjadi keharusan baginya untuk menempuh jalan alternative untuk menolak terjadinya perzinahan, maka hukumnya di perbolehkan. Sebab ada kaidah, andaikan terjadi pertentangan antara kerusakan pada diri seseorang, maka yang di dahulukan adalah mafsadah yang paling ringan.

 Demikian lah uraian mengenai hukum menggauli istri menggunakan kondom saat sedang haid. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Aminnn ya rabbal ‘alamin…

Sumber Refrensi: Nihayatul Zain hal 57.


Tag : Islam
0 Komentar untuk "# HUKUM BERHUBUNGAN BADAN DENGAN ISTRI MENGGUNAKAN KONDOM SAAT HAID"

Back To Top