Media Informasi Islam Terkini

Hari Raya Idul Fitri Vs Idul Adha jatuh Hari Jum'at


Dua hari  raya "Idul Fitri dan Idul Adha" merupakan perayaan besar umat muslim di seluruh dunia, sampai ada yang pulang kampung pengen berkumpul dengan  keluarga, ada yang  bahagia karna bisa cuti bekerja, pokoknya hari raya idul fitri dan idul adha kebahagiaan, kemenangan bagi umat islam, Namun artikel ini tidak menyinggung masalah pesta, menu makanan pada hari raya, Tapi, artikel ini membahas anggapan sebagian kaum muslimin yang selama ini kurang begitu benar.

Hari Raya Idul Fitri Vs Idul Adha jatuh Hari Jum'at


Sebagian orang beranggapan bahwa ketika hari raya idul fitri atau idul adha jatuh pada hari jum'at, biasanya seseorang beranggapan sholat jum'at tidak wajib di lakukan ?
Iya, memang betul demikian  kalau hari raya jatuh pada hari jum'at tidak wajib melakukan shalat jum'at, Tapi, yang perlu kita tanyakan, apakah semua orang tidak wajib melakukan shalat jum'at atau hanya orang yang tidak memungkinkn untuk menjangkau masjid saja yang tidak wajib melakukan shalat jum'at? 

Tanggapan ini yang tidak di teliti secara mendalam hukum yang sebenarnya, terkadang hukum yang masih mentah itu hanya denger dari mulut kemulut, walaupun apa yang ia denger belum tentu benarnya, untuk itu teliti dulu informasi yang kita dengar sebelum melakukan atau menyampaikan kepada orang lain, supaya apa yang kita dengar atau yang mau di sampaikan kepada orang lain benar-benar relevan.

Agar orang lain yang belum tahu hukum yang sebenarnya biar tidak menjadi kebiasaan yang mendarah daging, kalau sampai itu terjdi, untuk membenarkan sesuatu yang memang benar tidak sulit untuk merubahnya.

Ada dua kategori kalau seumpama hari raya jatuh pada hari jum'at:
# Ada keringanan hukum bagi penduduk untuk meninggalkan shalat jum'at kalau jarak tempuh trlalu jauh sehingga tidak memungkinkan  untuk datang ke masjid semisal penduduk di luar kampung. tapi, tetap melakukan shalat dluhur, sebagai  pengganti dari shalat jum'at
# Wajib melakukan shalat jum'at kalau jarak tempuhnya dekat.

 Nah, mungkin artikel ini sedikit membantu untuk membenarkan anggapan orang-orang yang sedikit melempeng.
 Untuk melakukan sholat jum'at seandainya paginya sudah datang ke masjid untuk melakukan sholat Idul Fitri, kita lihat dulu apakah kita termasuk kategori yang pertama atau yang kedua.

Semoga artikel yang sekilas ini bisa bermanfaat di diunia dan akhirat. Amin Ya Robbal 'Alamin..


  



Tag : Islam
0 Komentar untuk "Hari Raya Idul Fitri Vs Idul Adha jatuh Hari Jum'at"

Back To Top