Media Informasi Islam Terkini

#Cairan Pembersih Mulut, Untuk Bersiwak


#Cairan Pembersih Mulut, Untuk Bersiwak


Mungkin dari kita pernah melihat seseorang yang hendak melakukan shalat atau di luar shalat biasanya melakukan sesuatu hal yakni membersihkan gigi dengan kayu dari ranting pohon, Nah, kayu itu  biasa disebut siwak atau miswak. Siwak atau miswak meruapakn kayu yang biasa di gunakan untuk membersihkan gigi dari kotoran serta dengan bisa mendapatkan kesunnahan karena Rasulullah juga turut serta melakukan hal ini.

Untuk  zaman sekarang ini  yang  serba  modern semuanya bisa dan mudah, salah satunya cairan yang namanya tidak asing bagi kita yakni” Lasterin” cairan ini fungsinya juga untuk menghilangkan bau mulut, menghilangkan  kotoran  yang menempel di mulut, mengharumkan bau mulut. untuk pemakaian pun sangat praktis hanya berkumur dengan cairan itu. Cairan ini

Dengan adanyaa cairan pembersih mulut itu , apakah sudah mendapatkan kesunnahan bersiwak?

*Tidak bisa mendapatkan kesunnahan bersiwak, walaupun alat itu sama-sama bisa membersihkan kotoran yang ada di mulut, dapat menguatkan dan mengharumkan bau mulut, karena cairan itu tidak untuk bersiwak.

# Landasan Hukum Fikih

Keutamaan bersiwak dapat di peroleh dengan bersiwak dengan sesuatu yang benda yang keras (kasar) meskipun menggunakan sesamanya pohon usynan. Dan juga menggunakan cairan yang fungsinya membersihkan mulut, Maka hal itu tidak bisa mendapatkan kesunnahan bersiwak.

Refrensi Kitab : Minhajul Qowim Juz 1 Hal 23


Tag : Islam
0 Komentar untuk "#Cairan Pembersih Mulut, Untuk Bersiwak"

Back To Top