Media Informasi Islam Terkini

#5 ANEKA HUKUM PERNIKAHAN#

5 ANEKA HUKUM PERNIKAHAN

Pernikahan merupakan akad pertalian sepasang kekasih (Suami & Istri) dalam membngun rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rohmah. Tujuannya untuk memenuhi perintah Allah dan Rasulnya serta untuk mendapatkan keturunan dan  menjaga diri dari hal-hal yang tidak di perbolehkan oleh syariat.

Dalam pernikahan ada beberapa hukum yang akan di lakukan oleh setiap calon pengantin.

# Wajib

Hukum wajib melakukan akad pernikahan jika dalam kondisi yang sangat menghawatirkn dirinya, semisal maraknya perzinahan di lingkuangannya, kalau tidak melakukan pernikahan di kuatirkan akan terjerumus ke dalam pezinahan tersebut.

# Dalam hukum sunnah ini ada dua kategori

Yang pertama Sunnah untuk melakukan pernikahan

jika seseorang sangat hasrat ingin melakukan persetubuhan sedangkan dirinya tidak memiliki mahar dan nafkah untuk calon istrinya, kalau biarkan di kuatirkan akan timbul bencana perzinahan. maka jalan satu-satunya yakni menikah.  

Yang kedua tidak sunnah melakukan pernikahan

kalau seseorang tidak berkeinginan untuk berhubungan bdan dan juga tidak di hawatirkan akan menimbulkan bahaya bagi dirinya semisal berzina.
Atau seseorang sangat menjaga agamanya semisal dia memenuhi kewajibannya untuk menikah lalu agamanya hancur atau tidak fokus dalam beribadah maka yang lebih utama baginya tidak menikah, kalau menikah lalu agamanya hancur maka menikah makruh hukumnya.

# Khilaful Aula

Khilaful aula "kurang begitu baik" status hukumnya di bawah hukum makruh, bagi seseorang yang menginginkan untuk menikah tetapi tidak memiliki biaya, Namun, semisal tidak menikah nafsu seksualnya bisa di cegah dengan berpuasa. kalau nafsu seksualnya tidak bisa di cegah dengan bepuasa, maka tidak di perboleh menggunakan cara-cara lain untuk mencegah timbulnya nafsu, akan tetapi lebih baik menikah dengan tujuan 'Iffah "menjaga diri dari dosa"

# Makruh

hukum makruh ini di peruntukkan bagi seseorang yang tidak memiliki biaya mahar dan tidak memiliki biaya untuk menafkahi istrinya dan juga dirinya tidak berkeinginkan untuk menikah serta semisal menikah akan mengakibatkan beribadah kepada Allah akan berkurang.

Tag : Islam
0 Komentar untuk "#5 ANEKA HUKUM PERNIKAHAN#"

Back To Top