Media Informasi Islam Terkini

#12 Santri Raudlatul Ulum I Tembus Ke Tingkat Wilayah Kerja Cabang Musabaqhah Qiro'atul Kutub

12 Santri Raudlatul Ulum I Tembus Ke Tingkat Wilayah Kerja Cabang Musabaqhah Qiratul Kutub

Kyai Yahya Bin KH Syabrowi merupakan ulama' Ganjaran kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang, beliau termasuk pendiri pondok pesantren Raudlatu ulum 1, beliau di lahirkan dari ibunda tersayang Nyai Hj Latifah Putri Kyai Isma’il  Ombul sampang Madura.

Awal muda berdirinya Pondok Pesantren Raudlatu Ulum I Kyai Yahya Sabrowi hanya memiliki 10 santri yang tinggal di pesantren yang amat sederhana untuk kala itu. Seiring berjalan waktu santri pondok pesantren Raudlatul ulum I yang di asuh oleh beliau berkembang sangat pesat pada tahun 1970 santri beliau sudah mencapai 270 santri yang berasal dari berbagai daerah seperti  Kalimantan barat, Madura, malang dan lumajang.

Setelah pengasuh utama dan pengasuh kedua wafat, tonggak kepengasuhan di emban oleh KH Mukhlis Yahya putra beliau yang paling muda. Untuk  santri yang ingin menimbah ilmu semakin banyak yang berdatangan dari berbagai daerah di jawa.

Untuk saat ini pondok pesantren tetap menonjolkan karekternya sebagai pondok salafi yang terus mengalir deras, menguras tenaga, untuk memahami kitab kuning karangan ulama-ulama’ salafus Solih, yang setiap hari di kaji dan diaplikasikan dalam aktifitas sehari-hari.
Jadi tidak heran kalau santri sekarang sudah pandai memahami dan mempraktekkan kitab yang ia kaji, mulai kitab yang paling kecil sampai kitab yang paling besar.
Tahun 2017 bertepatan libur pesantren tanggal 16 mei Pesantren Raudlatul Ulum satu mendelegasikan 17 santri  untuk mengikuti cabang lomba MQK  “ Musabaqhoh Qiro'atul kutub”, baik tingkat ula , Wustha, Ulya, di pondok Pesantren modern Ar-Rifa’I ketawang.

Alhamdulillah berkat kerja keras dan semangat para santri ahirnya 12 santri tembus ke cabang MQK selanjutnya, yang akan di selenggarakan di kota Pasuruan jawa timur. Semoga ini bukan ahir segalanya bagi para santri Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I, Namun, Ini awal dari perjuangan yang harus di teruskan dan di bina.

Daftar Santri Musabaqhoh Qiro’atul Kutub

1. Isomuddin
2. Abilu Royyan
3. Muhammad Anwar
4. Muhammad Mannan
5. Imam Samudra
6. Royyan
7. Ihyaul Ulum
8. Anas
9. Yusroful kholili
10. Ruspandi
11. Ahmad Sholeh
12. Hisbulloh
13. Fathur Rohman
14. Sifaur Romli
15. Rif’an Fathoni
16. Ikhwanul Arifin

Inilah daftar santri pondok Pesantren Raudlatul Ulum I yang mengikuti lomba MQK di Pondok Pesantren Modern Ar-Rifa’I Ketawang jawa Timur.

Semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi penulis dan pembaca yang budiman.

Tag : Liputan
0 Komentar untuk "#12 Santri Raudlatul Ulum I Tembus Ke Tingkat Wilayah Kerja Cabang Musabaqhah Qiro'atul Kutub"

Back To Top