Media Informasi Islam Terkini

NIAT PUASA RAMADHAN DI MALAM HARI


NIAT PUASA RAMADHAN DI MALAM HARI

     Niat termasuk fardu puasa yang harus di kerjakan, dalam  melafadkan niat di lisan itu tidak menjadi syarat, namun sunnah untuk di lakukan, kenapa di lisan tidak di hati saja? gini, lisan itu  sebagai sarana penolong bagi hati untuk melafadkan apa yang di lafadkan oleh lisan, 
Nah, untuk niat puasa wajib niatnya setiap malam, sebab puasa setiap hari  merupakan ibadah tersendiri, sebab puasa itu di batasi dengan berbuka, ketika hendak melakukan puasa  esok harinya, seperti halnya dua sholat yang di batasi dengan salam. Tapi, seumpama pada malan pertama puasa ada orang yang  niat untuk seluruh bulan ramadlan  gimana??
Maka belum mencukupi untuk selain hari pertama puasa, sebagaimana yang di jelaskan oleh guru kita Imam Ibnu hajar untuk kasus seperti ini, sebaiknya di lakukan saja, agar ketika dia lupa niat puasa di malam hari, maka dia tetap sebagaimana orang yang berniat di malam hari ,lantaran dia sudah niat di malam pertama untuk keseluruhan puasa ramadlan.
       Menurut Imam malik kalau seseorang itu lupa niat pada malam hari, maka di sunnahkan niat dimana dia ingat. Agar termasuk orang yang berpuasa. Dan Imam Abu hanifah mendukung pendapatkan Imam Malik namun beliau mengaris bawahi, puasa ini teruntuk bagi orang yang bertaqlid kepada Imam malik, kalau bermadhab Syafi’iyah gimana?? maka dia tidak tergolong orang yang tidak berpuasa, kalau di lakukan sebagaimana madzhab maliki gimana?? Maka sebagimana melakukan ibadah yang rusak dan hukumnya haram.( I’anatuh Alholibin Juz 2 hal. 250 darul fikr).
Tag : Islam
0 Komentar untuk "NIAT PUASA RAMADHAN DI MALAM HARI"

Back To Top