Media Informasi Islam Terkini

LAILATUL QODAR LEBIH BAIK DARI SERIBU BULAN

LAILATUL QODAR LEBIH BAIK DARI SERIBU BULAN

Mungkin sebagian dari kita bingung menentukan, kapan ya malam Lailatul Qodar itu, Walaupun  para ulama menjelaskan panjang lebar mengenai ciri-ciri turunnya Malam lailatul qodar, namun sebagian dari kita tetap  bingung  untuk mengenali ciri-ciri turunnya malam lailatul qodar,  untuk itu penulis sedikit mengupas mengenai lailatul qodar, namun penulis tidak menjanjikan tanda yang benar mengenai lailatul qodar...
Malam Lailatul qodar sendiri menurut sebagian ulama’ setiap hari selalu ada Malam Lailatul qodar, ada juga sebagian ulama’ yang mengatakan lailatul qodar itu turun pada ahir bulan ramadlan, pendapat yang kuat mengenai turunnya Lailatul Qodar yaitu turun di antara sepuluh hari yang ahir pada bulan ramadlan terutama malam ganjil.

Kenapa sih?? Malam lailatul qodar turunnya di rahasiakan...
 
#. Ada 3 pokok Rahasia lailatul Qodar Tersembuny waktunyai.
1.    Menurut Imam Al-Jurjani. Agar setiap  orang muslim mempergunakan waktu-waktunya untuk beribadah kepada Allah SWT dengan baik terutama di bulan Ramadlan lebih-lebih sepuluh hari terahir yang ganjil.
2.    Secara keseluruhan umat islam tidak mengetahui secara pasti turunnya lailatul qodar, dengan demikian umat islam akan berbondong-bondong untuk selalu beribadah kepada Allah, dengan harapan agar ketika kita ibadah di malam itu malam lailatul Qodar turun.
3.    Agar umat muslim mencari, kapan malam lailatul qodar itu turun dengan agar kita mendapatkan pahala orang-orang yang berjihad di jalan Allah SWT.
Imam Nawawi dalam mengomentari kitabus Shohih Muslim tentang perbedaan ulama menyikapi turunnya malam Lailatul Qodar.
1.    Sekelompok ulama’ menjelaskan bahwa malam lailatul qodar itu turunnya selalu berpindah-pindah dalam setiap tahunnya. Pendapat ini di dasari oleh beberapa hadist.
2.    Imam Malik, Imam Ahmad, Imam Ishaq dan beberapa Imam yang lain penjelasannya sama dengan pendapat yang di atas namun pendapat ini lebih menciut, yakni malam lailatul qodar itu selalu berpindah-pindah pada bulan Ramadlan  terutama sepuluh hari terahir.
3.    Sebagian  sahabat  Nabi dan di dukung oleh sekelompok ulama’ mengatakan bahwa malam Lailatul qodar itu turun pada malam 23
4.    Ada pula sebagian ulama’ mengatakan lailatul qodar turunnya pada malam sepuluh terahir pada bulan Ramadlan.

Kita sebagai umat Nabi Muhammad selayaknya selalu memenuhi waktu kita untuk selalu beribadah kepada allah di manapun dan kapan pun, tidak hanya malam lailatul qodar saja kita bersungguh-sungguh. Tapi malam-malam yang lain juga harus bersunggung-sungguh. Sukur-sukur kita menemukan malam lailatul qodar itu.


Tag : Islam
0 Komentar untuk "LAILATUL QODAR LEBIH BAIK DARI SERIBU BULAN"

Back To Top