Media Informasi Islam Terkini

Indahnya Tadarus Di Bulan Ramadlan

Indahnya Tadarus Di Bulan Ramadlan


Ketika bulan Ramadlan  tiba kita akan menjumpai di setiap musholla dan  masjid-masjid suara alunan al-qur'an di bacakan, untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala yang lebih besar ketika di baca pada bulan Ramadlan (Tadarus),  baik tadarus itu di laksanakan ketika selesai terawih, sehabis subuh atau menjelang waktu asyar..tidak pandang usia, baik muda mudi , sudah lanjut usia, selama bisa mengaji semua bisa bertadarus bersama. 

Namun ketika kita di hadapkan pada persolan Amalia-Amalia yang di kerjakan oleh masyarakat, sering muncul di benak kita, apakah Benar tadarus Al-qur'an di bulan ramadlan merupakan Amaliyah nabi Muhammad dan para  sahabatnya dulu?

Pelaksaan Tadarus yang di kerjakan oleh setiap muslimin pada saat ini, itu sesuai dengan tadarus yang  kerjakan oleh nabi Muhammad dan pada masa Kholifah Umar Bin Khattab.
Riwayat dari ibnu Abbas, setiap malam bulan Ramadlan  nabi Muhmmad selalu di kunjungi oleh tamu agung malaikat jibril AS, lalu melakukan Mudarosah (tadarus) al-qur'an bersama nabi Muhammad SAW.

Gimana, adakan landasan mengenai Tadarus, untuk saat ini kita tidak perlu ragu lagi atas amalan-amalan yang telah di kerjakan oleh para ulama-ulama' mutakhirin dan para kyai.
untuk peraktek tadarus kita tidak perlu kawatir sebagaimana yang telah di paparkan oleh ulama'  jawa Syekh nawawi Al-banteni dalam kitab Nihayah Al-Zein.

"Membaca Al'qur'an pada bulan Ramadlan yang sering di sebut Idarah/Mudarasah. yakni seseorang membaca pada orang lain, kemudian orang lain membaca untuk dirinya sendiri (Gantian) Amalan seperti ini Sunnah sekalipun yang di baca tidak seperti yang di baca oleh orang pertama, semisal siA membaca ayat Al-baqorah ayat 20-45 untuk siB membaca kelanjutan dari yang di baca si A yakni 45-90.
Semoga artikel ini bermanfaat..

Tag : Islam
0 Komentar untuk "Indahnya Tadarus Di Bulan Ramadlan"

Back To Top