Media Informasi Islam Terkini

Ikhlaskan Mengurus Orang Tua Ketika Udzur


Ada semacam sindiran yang sedikit mengelitik "kalau orang tua kaya anak jadi ratu, tapi, kalau anak jadi kaya orang tua jadi pembantu", tidak bisa di pungkiri, kita mungkin terlalu banyak melihat kehidupan orang lain.

Ikhlaskan Mengurus Orang Tua Ketika Udzur


Ketika orang tua kaya, hidup anak terjamin, sekolah sampai jenjang yang lebih tinggi, rumah, tanah tinggal menunggu menikah sudah tersedia.
Tapi kalau anak menjadi kaya. sedikit sekali orang tua mencicipi kemewahan sang anak, lebih banyaknya orang tua hidup menderita, kesana kemari, beli ini itu, selalu di pantau atau atas izin sang anak.
Yang lebih memprihatinkan lagi, ketika orang tua sudah lanjut usia, biasanya sang anak enggan untuk mengurusi orang tua dengan baik, Mereka merasa bisa membayar perawat, segala keperluan orang tua di serahkan terhadap perawat tersebut. dengan alasan sibuk bekerja di luar rumah, atau mereka mengirim para orang tua yang sudah lanjut usia ke panti jompo, Naudzubillah.

Perlu kita ketahui ! kebahagian yang di rasakan orang tua ketika lanjut usia bukan tempat yang paling di panti jompo, bukan pula makanan yang super lezat bikinan pembantu, Tapi, sikap sang anak yang lemah lembut , Ia ikhlas merawat dan melayani orang tuanya, sebagaimana orang tua merawat kita waktu kecil dulu, itu yang sangat membahagiakan hati orang tua.

Cobalah sekali-kali tanyakan kepada orang tuamu yang di kirim ke panti jompo? pasti hatinya terasa tertusuk-tusuk, dan seandainya hati mereka bisa di dengar, mungkin akan berkata seperti ini" Ya Allah, diriku sudah terlalu tua, aku ingin sekali berkumpul dengan anak-anakku, dan cucu-cucuku, aku ingin sekali berdekatan dengan mereka dan mereka mau merawatku, tapi mengapa mereka membawaku ke tempat seperti ini.

Coba lah kita fikir ulang sebelum mengrim orang tua kepanti jompo, seandainya dulu kita di titipkan kepada orang lain, mungkin hati kita akan sama dengan yang di rasakan oleh orang tua di panti jompo, untuk itu luangkan waktu sedikit saja demi merawat dan melayani orang tua, mumpung masih bisa bertemu.

Begitulah wujud kepatuhan dan balas budi seorang anak kepada  orang tua, sesibuk apapun janganlah merawatkan orang tua kepada orang lain, walaupun mampu membayar pembantu dan mampu membayar ke panti jompo sebisanya jangan.

Kita harus sadar, kita bisa berpendidikan yang tinggi, mampu menduduki jabatan tertinggi di pemerintahan, passti itu semua itu tidak terlepas dari do'a orang tua.

Semoga Allah memperpanjang usia orang tua kita, sehingga kita mampu dengan sabar ikhlas merawat, melayani orang tua kita dengan baik.

Tag : Liputan
0 Komentar untuk "Ikhlaskan Mengurus Orang Tua Ketika Udzur"

Back To Top