Media Informasi Islam Terkini

4 Bentuk Keharmonisan Membina Rumah Tangga Ala Rasulullah


Nabi Muhammad merupakan sosok panutan bagi umatnya dalam hal apapun, baik dalam segi kepemimpinan, budi pekerti, dalam hal membina rumah tangga kita juga turut serta mencontoh perangai nabi Muhammad SAW, salah satu dari sekian banyak bentuk nabi Muhammad membangun rumah Tangga yang ideal yang tidak lepas dari Syari'at: 

4 Bentuk Keharmonisan Membina Rumah Tangga Ala Rasulullah

# Memanggil Dengan  Nama Yang Baik

Memanggil dengan  nama yang di senangi oleh orang lain merupakan dambaan setiap orang, apalagi memanggil kepada orang yang kita sayangi, seperti dalam rumah tangga memanggil istri dengan sebutan Sayang, Dinda, Kanda atau apaun yang terpenting orang yang kita panggil senang. 
Kemesraan Rasulullah terhadap istri-istrinya juga memanggil dengan nama yang paling di senangi oleh istri-istrinya seperti Rasulullah memanggil Siti Aisyah dengan panggilan Ya Khumairoh (gadis yang kemerah-merahan), dengan sebutan itu Siti Aisyah sangat senang.

Namun, di sini bukan hanya suami yang memanggil istri dengan panggilan yang paling baik, istri juga turut berperan serta memanggil dengan panggilan yang di senangi oleh suami, salah satu contoh Siti Aisyah memanggil nabi Muhammad dengan panggilan Ya Rasulullah bukan ya muhammad.
Contoh lain 

Saat Siti Khotijah melihat Nabi Muhammad datang dari Gua Hiro' dalam keadaan menggigil dan ketakutan yang sangat, dengan penuh perhatian Sayyidah Khotijah menyelimuti tubuh beliau sambil berkata" wahai kekasihku..kenapa dikau  seperti ini?

# Bersikap Mesra

Bersikap mesra mungkin semua lapisan manusia sudah pernah merasakan namun dalam konteks" sudah menikah" , bersikap mesrah terhadap pasangannya yakni suami istri dalam rumah tangga sangat perlu, guna menjalin rumah tangga yang harmonis, tentram dan selalu bahagia. sebab kondisi batin yang tidak adanya sikap kemesraan dalam diri seseorang, terkadang seseorang mencari kemesraan yang lain.

Rasulullah  sendiri menganjurkan umatnya yang sedang membina rumah tangga untuk selalu bersikap mesra terhadap pasangannya, seperti Rasulullah selalu bersikap mesra terhadap istri-istrinya . seperti contoh mandi berduaan, tidur di pangkuan pasangannya baik istri atau suami.
kemesraan yang di terapkan di atas sebaiknya tidak lakukan di depan umum semisal ada (mertua, anak, adik, kakak).

# Kasih Sayang

kasih sayang yang di maksud di sini kasih sayang dalam rumah tangga, bentuk kasih sayangnya itu umum yang terpenting pasangannya selalu nyaman ada di sisinya, selalu peka terhadap perubahan sikap dan wajah pasangannya, biasanya perubahasan sikap atau wajah itu menandakan adanya masalah yang di hadapi oleh pasangannnya, karna, tidak semua pasangan itu suka langsung meminta pendapat atau langsung nangis, terkadang masih mencari perhatian pasangannya dengan cara-cara yang aneh. semisal tidak nafsu makan, pelit berbicara,. Nah, untuk itu setiap pasangan dalam rumah tangga harus peka, degan pekanya sang pasangan, hubungan dalam rumah tangga akan terasa nyama, harmonisn dan saling melengkapi satu sama lain.

# Perhatian

Perhatian dalam rumah tangga  sangat perlu di lakukan apalagi terhadap istri dan istri pun biasanya selalu menanti momen-momen sang suami  perhatian terhadapnya. bentuk perhatian dalam rumah tangga bermacam-macam.
salah satu contoh yang pernah di lakukan oleh baginda Nabi Muhammad terhadap Sayyidah Aisyah, saat Sayyidah Aisyah menunggu kedatangan Rasulullah dari perjalanan, Namun, Rasulullah pada saat itu tak kunjung datang, sehingga Sayyidah Aisyah tertidur pulas di depan pintu Rumahnya, agar ketika pintu itu di buka oleh Rasulullah pintu itu bisa mengenai dirinya, sehingga dirinya bisa bangun dan menyambut kedatangan Rasulullah.
saat sayyidah aisyah bangun dari tidurnya beliau kaget lantaran sang suami belum juga datang, betapa gundahnya hati Sayyidah Aisyah pada saat itu, namun, betapa kagetnya ketika sayyidah Aisyah membuka pintu rumahnya beliau menemukan sang suami juga tidur pulas di belakang pintu. 
saat Rasulullah terbangun lalu beliau tersenyum melihat wajah Sayyidah Aisyah meneteskan air mata kerinduan.
 "Wahai kekasihku Rasulullah kenapa ajunan tidak membangunkan aku? lalu beliau menjawab" aku tidak tega wahai istriku tercinta, melihat dikau tertidur dengan pulas…inilah salah satu bentuk perhatian Rasulullah yang di terapkan terhadap istri-istrinya. 

Semoga dengan artikel yang singkat  ini kita bisa memetik sekelumit kehidupan rumah tangga Nabi Muhammad SAW, dengan harapan semoga rumah tangga yang kita bangun bisa menjadi Rumah tangga yang harmonis, bahagia serta tujuannya untuk mengamalkan sunah nabi.

Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "4 Bentuk Keharmonisan Membina Rumah Tangga Ala Rasulullah"

Back To Top