Media Informasi Islam Terkini

Bacaan Sholawat Di Sela-Sela Shalat Tarawih

Bacaan Sholawat di Sela-Sela Shalat Tarawih

Bulan Ramadlan memang penuh dengan warna, mulai ada tadarus, terawih, belum juga pahala yang berlipat ganda, jadi, tidak heran kalau semua orang berlomba-lomba untuk beribadah,  menebar kebaikan guna mendapatkan pahala yang berlipat ganda.
namun. walaupun banyak berlipat ganda pahala atas amalan-amalan ibadah kita ,kita masih tercebak dengan isu-isu tentang bid'ah yang selama ini gencar menyandera amalan-amalan yang selama ini kita lakukan.

Banyak di jumpai di masjid, Musholla, ketika selesai salam lalu  hendak menunaikan sholat terawih biasanya di kumandangkan  bacaan-bacaan shalawat dan do'a untuk para sahabat nabi khususnya sahabat nabi yang empat, Syaidina Abu bakar, Umar Bin Khattab, Usman bin Affan dan Syyidina ali, lalu bagaimana apakah ada landasan hukumnya?
Membaca sholawat di antara bilangan rakaat shalat tarawih bukan saja kebiasaan bagi umat islam di nusantara, tetapi juga di lakukan oleh sebagian umat islam dari Yaman, dimana ada banyak Ulama' Yaman yang berda'wah di Nusantara ini, Hal ini di buktikan dengan fatwa ulama' Yaman, yaitu Syaikh Ibnu Ziyad.

Bacaan Sholawat di Sela-Sela Shalat Tarawih

"Tidak ada ulama' Syafi'iyah  yang menjelaskan anjuran untuk membaca sholawat di sela-sela salam salat teraweh, Namun yang dapat di pahami dari para Ulama' Syafi'iyah yaitu anjuran untuk membaca do'a kepada para sahabat Nabi Muhammad setelah selesai salat. Para ulama' juga menganjurkan mengawali do'a dan mengahiri dengan membaca  shalawat.
Terus gimana seandainya di Musholla-Musholla apa lagi di tempat itu banyak ada kecil atau masih muda-muda kira sering dengar, mereka mengeraskan bacaan sholawat ketika hendak melakukan sholat terawih?
kalau tujuannya untuk menyemangatkan para jama'ah yang lain atau agar yang mengeraskan bacaanya itu tidak mengantuk maka di perbolehkan, sebagaimana Syayyida Umar Bin Khattab juga pernah mengeraskan bacaan Al-qur'an  lalu di tegor oleh Nabi Muhammad, namun setelah di jelaskan oleh Sayyida Umar, kalau bacaan yang di keraskan tujuannya untuk mengusir syaitan dan menghilangkan kantuk, lalu Nabi Muhammad menjawab, Bagus.
demikian sekelumit penjelasan mengenai bacaan sholawat ketika di baca ketika hendak menunaikan shalat terawih, semoga penjelasan yang singkat ini bisa bermanfaat dan bisa membuka wawasan bahwa apa yang kita lakukan semuanya ini ada landasan hukumnya.

Jadi, jangan kawatir masalah amaliyah-amaliyah kia semuanya ada landasannya dan jauh dari bid'ah-bid'ah yang di tuduhkan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab.  

Tag : Islam
0 Komentar untuk "Bacaan Sholawat Di Sela-Sela Shalat Tarawih"

Back To Top