Media Informasi Islam Terkini

3 Sifat Rasulullah Yang Patut Di Contoh Oleh Pemimpin


3 Sifat Rasulullah Yang Patut Di Contoh Oleh Pemimpin

# Dermawan

Rasulullah  merupakan tauladan yang baik bagi seluruh umat seperti sifat dan tingkah lakunya menjadi Inspirasi bagi umatnya. Dermawan merupakan salah satu dari sekian banyak sifat terpuji bagi Rasulullah, Sifat dermawan rasulullah terbukti ketika para sahabat menggali parit (semacam Selokan yang mengelilingi kota madinah) untuk membentengi para sahabat dari kepungan orang Musryik, saat itu Rasulullah mengalami kelaparan, lalu ada sahabat nabi yang memiliki segelas makanan di rumahnya, makanan itu hanya cukup untuk di makan oleh satu orang saja, Namun, dalam kedaaan lapar Rasulullah masih membagi-bagikan makanan  ke seluruh sahabat nabi yang menggali parit, sampai pemilik makanan pun masih mendapatkan bagian makanan dari Nabi Muhammad, sedangkan Nabi mendapatkan Sisa. 

# Hidup Sederhana

Sifat yang kedua merupakan sifat Rasulullah, walaupun beliau menjabat sebagai Presiden, Nabi Dan Rasul, beliau tetap hidup sederhana, bahkan suatu ketika Rasulullah pernah mengalami kelaparan selama tiga hari, setiap satu hari kelaparan beliau mengganjal perutnya dengan batu, jadi, selama tiga hari perut nabi di ganjal dengan tiga batu. bayangkan seorang presiden umat islam, seorang utusan, tidak malu hidup sederhana, seandainya rasulullah suka dengan hidup kemewahan beliau bisa, suatu ketika Guru nabi Muhammad yang agung, malakikat jibril menawarkan kepada nabi muhammad gunung uhud mau di jadikan gunung emas, Namun, beliau menolaknya.
Bahkan beliau lebih suka tidur di atas pelepah kurma yang di keringkan. inilah kesederhanaan Rasulullah dalam mengarungi kehidupan di dunia.
kita sebagai umatnya nabi Muhammad tidak ada anjuran untuk hidup sederhana, namun, kita di anjurkan untuk selalu mensyukuri nikmat yang di berikan kepada kita serta anjuran tidak boleh sombong atas pemberian yang lebih terhadap kita.

# Kasih Sayang

kasih sayang Rasulullah selalu di nanti-natikan oleh umatnya, terutama orang-orang yang lemah, baik kawan atau lawan beliau selalu memberi kasih sayang kepadanya, saat nabi muhammad mengalami kekalahan di perang uhud, beliau terkena lemparan batu di wajah sampai-sampai mengalami pendarahan, saat itu malaikat izro'il murka, malaikat menawarkan kepada nabi Muhammad untuk mengangkat gunung uhud hendak di lemparkan kepada para kaum musrikin, Namun, beliau menolak.
"Setiap Nabi pergi ke pasar ada kaum yahudi buta selalu mengolok-olok Nabi Muhmmad, namun setiap nabi  datang dari pasar, nabi masih menyempatkan diri menyuapi orang yahudi tersebut, kejadian itu berlangsung agak lama, suatu saat nabi Muhammad wafat, yang menggantikan menyuapi orang yahudi tersebut Syayyidina Abu Bakar, Namun, orang yahudi itu tahu yang menyuapi bukan orang yang biasanya menyuapinya , lalu, tangan abu bakar di tepis saat menyuapai, sambil berkata" siapa kamu, kamu bukan orang yang biasanya menyuapi aku,  Abu Bakar berkata" iya saya bukan orang yang menyuapi anda, saya Abu bakar", lalu orang yahudi berkata" kemana orang yang menyuapi aku biasanya, siapa dia? , lalu ABu Bakar berkata" yang setiap hari menyuapi anda, Ia sudah wafat, beliau Rasulullah" mendengar jawaban Abu Bakar, orang yahudi itu menjerit, orang yang sangat aku benci selama hiduku yaitu Rasulullah, tapi, sekarang orang yang paling aku cintai di muka bumi ini yaitu Rasulullah, semenjak saat itu orang yahudi itu memeluk agama islam.

Begitulah sekelumit kisah teladan Nabi Muhammad yang selalu menjadi Inspirasi bagi umatnya, dalam keadaan kesusahan, kepedihan, masih tertancap kuat di hati beliau sifat murah hati, kasih sayang, baik kepada sesama muslim atau non muslim lebih-lebih kepada fakis miskin dan yatim pitu.

Semoga pemimpin-pemimpin kita bisa dan mampu mencontoh tauladan Nabi Muhammad SAW.

Tag : Inspirasi
1 Komentar untuk "3 Sifat Rasulullah Yang Patut Di Contoh Oleh Pemimpin"

Back To Top